PENGUATAN WMI DAN MODERASI BERAGAMA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Last modified date

Konsorsium Wahyu Memandu Ilmu dan Rumah Moderasi Beragama kembali menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan penguatan Wahyu Memandu Ilmu dan Moderasi Beragama, kali ini yang menjadi peserta adalah Dekan Fakultas, Direktur Pasca Sarjana, Wakil Dekan Akademik, Kabag TU Fakultas dan Kepala Sub Bagian TU Pascasarjana Se-UIN Bandung.

Dalam pembukaanya Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si) mengungkapkan bahwa Penguatan WMI Meliputi :

  1. Ucapan dikuatkan dengan berbasis WMI,  bagaimana supaya ucapan-ucapannya menjadi telinga tidak panas, bagaimana dada tidak menjadi sesak, sehingga tidak terjadi konflik, tapi terbangun klarifikasi.
  2. Tindakan berbasis WMI
  3. Perbuatan berbasis WMI

Penguatan WMI ada keseimbangan antara ilmu dan agama : Hindari kuat ke materi / Ilmu saja, Hindari abaikan spiritualitas, Hindari propokasi yang struktif, Ada keseimbangan antara tekstual dan kontekstual. Penguatan WMI dan Moderasi Beragama perlu strategi untuk lebih progress, penguatan yang menjadi program ada empat:

  1. Wahyu Memandu Ilmu (WMI)
  2. Moderasi Beragama
  3. Kebangsaan, dan
  4. Pedagogik

Keempat unsur tersebut telah dilaksanakan bentuk programnya pada pelatihan dan penguatan pelatihan, pesertanya diikuti oleh ASN Angkatan tahun 2019 yang telah ada SK dan baru disampaikan pada saat pelatihan.

Dalam kegiatan tersebut turut menjadi Narasumber: Prof. Dr. H. Afif Muhammad, MA., Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, MA., Prof. Dr. Cecep Darmawan, S.Pd., S.IP., SH, MH, M.Si., dan Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag.

iscuinbdg